[Diari] Beli Semangka Harga 250ribuan πŸ‰πŸ’Έ


Oke, aku tau kalau aku kasih tulisan di gambar awal jelas-jelas aku udah spoiler banyak cerita yang pengen aku curhatin. Hahaha. Tapi ini untuk mengantisipasi rusaknya citra supermarket yang bersangkutan. Takutnya tetiba foto diatas viral gitu terus akan muncul gelombang netizen memaki supermarket tersebut.

((Kepedean stadium akut kalau postinganku bisa viral, wkwkwk))

Cerita waktu Kamis kemarin lusa (12/7). Mama lagi asik-asiknya motong semangka, tetiba kaget karena liat harga semangkanya nyampe 250ribu. Mama yang ga mau langsung suudzon, nanya dulu ke aku apakah mama salah liat. Dasar si aku yang suka ngeanggap mama lebay, malah nyepelein keluhan mama (duh, durhaka banget ya). Tapi aku yang sebenernya sering ga punya hati, berusaha memakai akal sehat untuk bertindak selayaknya manusia. Coba-coba empati.

Luckily, si saya yang pemalesan dan suka nyimpen-nyimpen sampah di tas ini, masih nyimpen struk belanjaan waktu beli semangka! Ternyata malesnya aku kadang berguna, wkwkwk *hush!*.

Akhirnya crosscheck, eh ternyata bener ada 1 list belanjaan yang bernilai 250ribu, dan barang itu bener-bener ga kita beli. Gils, semangka begini paling mahal juga Rp15.000. Terus ga sengaja salah label malah jadi harga daging tenderloid dengan berat yang sama :’D

Akhirnya mama minta aku untuk pergi ke supermarket. Kebetulan orang rumah ga ada yang bisa nemenin aku ke sana. Papa kerja, Mama di rumah nemenin adek, dan Mama ga mau repot-repot ngajak adek buat nemenin aku ke sana. Akhirnya ku todong temenku buat nemenin aku. Kasian sih temenku, aku minta tolong pas dia lagi ada urusan bisnis sama bos-nya, dan sebenernya dia juga mau jadi supir ojek daring sepulangnya. Dia sempet sampe manyun-manyun gitu pas udah ketemu (bercanda sih maksudnya). Huaaah, duh maafin ya. Gimana lagi. Mama sih yang nyuruh aku ditemenin sama temen ke sana. Mama bilang, kalau ga ada yang bisa nemenin, mrnding ga usah. Takutnya kenapa-napa. Apalagi ini perkara uang. Masalah ekonomi emang riskan banget sih. Soalnya gegara ini, sepasang suami istri rela bercerai, kriminalitas dimana-mana, polemik sosial berkepanjangan, gaya hidup tidak sehat dan layak, dan bahkan bisa menyebabkan peperangan. Hmm… tapi, ini hanya perkara aku yang meminta uangku sebesar Rp250.000 dari perusahaan besar dengan cabang bertaburan di Indonesia. Jadi, itu pasti masalah yang ringan buat mereka.

Aku berkali-kali diwanti-wantiin sama mama:

  • Bilang aja baik-baik, ga usah maksa
  • Kalaupun ga dibalikin, ya udah gapapa. Bisa aja kan justru kita yang dikira nipu. Bisa aja kita emang beli daging tenderloin, tapi bungkusnya kita ambil, terus ditempelin ke semangka, terus kita pura-pura bilang kalau labelnya salah.
  • Ga usah dishare di sosmed. Nanti takutnya heboh, terus kita malah jadi sibuk ngurusin urusan gitu. Padahal urusan kita banyak sekarang.

Oke, secara teknis aku berbagi di blog. Tapi gapapa kan? Toh, masalahnya udah beres.

Kebetulan Papa pulang waktu jam istirahat kerja. Papa sih nyantai. “Gapapa. Itu kan kayak pabrik aja. Pasti ada aja salah-salah gitu. Mereka juga pasti mau bantu. Kan jaga citta juga”, kata Papa.

Alkisah aku dan temenku pergi ke supermarket itu. Temenku bilang, “heuh, dasar orang Padang. Aku sih malu kalau mau ngurusin yang kayak begini demi uang 250ribu. Mending ikhlasin aja”. -_- Dasar temenku ini rasis sekali. Sok tajir banget dia. Hei, uang itu kan hak ortu aku. Kita aja sebagai muslim dianjurkan menagih hutang kita dari orang lain. Ini kan bisa disebut hutang. Soalnya mau amal sebanyak kayak apapun, bahkan sekalipun kita mati syahid fisabilillah, kalau masih punya hutang saat wafat, dosanya ga akan termaafkan sampai hutangnya terbayar! Makanya Allah swt. tuh pengertian banget kalau masalah harta tuh riskan banget buat manusia. Allah swt. telah menetapkan hukum-Nya dengan sempurna.

Lagian, ini mama yang minta. Kan harus berbakti sama ortu. Daripada hati mama tidak tenang.

Akhirnya, begitu sampai ke supermarket, kita langsung ke bagian informasi. Ku mencoba menghilangkan intonasi intimidatifku dengan intonasi santai sebelum berbicara dengan mas-mas di bagian informasi.

Ku jelaskan apa yang terjadi. Dan, ku bersyukur, pekerja di sana tidak menuduh aku penipu. Malah, mereka tuh baeeeeek banget. Tatapan nyinyir menyebalkan begitu ga ada sama sekali di wajah mereka. Awal-awalkan khawatir juga, kesalahan baru diklaim 2 hari setelah transaksi. Bisa aja ada penipuan. Terus mau ngecek di database agak susah juga. Tapi kata temenku, “Untung nge-ceknya masih di minggu yang sama sebelum supermarketnya ngelakuin pengecekan stok rutin. Jadi data transaksi minggu ini masih bisa dicek sama supermarket. Mereka bisa nge-cek, antara jumlah penjualan di kasir dan stok barang dari daging tenderloin itu”.

Gara-gara aku, kepala shift pagi dari supermarket yang dah mau pulang, malah balik lagi ngurusin perkara semangka harga 250ribu ini. Dan beliau dengan ramah melayani aku tanpa mengintrogasi yang tidak-tidak. Terima kasih Pak. Bapak sudah bekerja dengan baik demi menafkankan keluarga. Insya Allah nafkah bapak bernilai sedekah yang besar di mata Allah swt. Aamiin. Duh, aku tuh suka paling terharu kalau liat laki-laki melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Indah banget emang kalau semua orang amanah.

Akhirnya, uangku dikembalikan, dipotong dengan harga pembelian semangka tersebut (iyalah harus dibeli. Wong udah dipotong setengah di rumah, hahaha. Eh, tenang. Aku bayar semangkany sesuai berat keseluruhannya kok, sesuai berat di barcode yang salah kode itu).

Jadi, makanya supermarket tuh dah bener nasehatnya. Supermarket menyarankan agar pelanggan mengecek struk belanjaannya setelah keluar dari kasir. Ya, takutnya kayak kejadian ini. Beli semangka 1,26 kg harga Rp250ribu. Hehehe. Bersyukur aja karyawan supermarket baik dan mengerti cara melayani pelanggan. Kalau karyawannya malesin, nyinyir, ya terpaksa, mending ikhlasin aja deh.

Leave a comment